Senin, 17 Desember 2007

Apa arti dari pertemanan??


Dalam sehari-hari kita dipertemukan dengan banyak orang. Baik disengaja atau dengan yang tidak sengaja. Mungkin diantara kita intensitas pertemuan itu pasti berbeda. Ada yang sering, biasa-biasa saja, dan mungkin ada yang jarang. Untuk yang sering mungkin dia adalah tipe orang yang senang bergaul, senang bertemu dengan orang baru, dan dia nyaman pada suatu lingkungan yang baru. Selain itu bisa jadi karena dituntut dari pekerjaan misalnya menjadi seorang marketing atau sales. Dan untuk yang biasa-biasa saja bisa jadi dia hanya orang-orang biasa pada umumnya. Jadi hanya ketemu karena faktor kebetulan dan lebih cenderung agak pasif. Sebab dia hanya mau berinteraksi jika dimungkinkan kalau merasa nyaman dengan orang yang dihadapinya. Kemudian untuk orang yang jarang bertemu mungkin juga orang ini adalah orang yang tidak suka bertemu dengan orang banyak. Tapi ini disebabkan bukan karena faktor benci, dendam, atau kesal. Jadi karena faktor tipe dari pembawaan pribadi seseorang yang kurang nyaman jika bertemu dengan orang baru, apalagi dalam komunitas besar yang baru. Atau bisa jadi tipe ini adalah karena tuntutan kerja. Ya misalnya saja dia lebih sering bekerja pada suatu ruangan tertentu yang tidak memerlukan orang banyak dan aktivitas ini sangat rutin dan membutuhkan waktu yang panjang dalam bekerja sehari-harinya. Misalnya seorang profesor yang asyik hidup diruangan lab-nya atau seorang maniak gamers yang cukup hidup di dalam kamarnya tanpa butuh seorang teman yang banyak.


Dalam melakukan hubungan dari pertemuan tersebut untuk hal ini diyakinkan juga pasti setiap orang akan berbeda-beda. Dan ini sangat tergantung pada kebutuhan atau tujuan yang akan dilakukan untuk meneruskan tindak lanjut dari pertemuan awal.Hal paling menarik dan sangat nyata adalah hasil dari pertemuan ini saya bagikan menjadi dua. Pertama hasil pertemuan bisa menjadi berkesan dan yang kedua bisa menjadi tidak berkesan. Meski ada peluang-peluang lain tapi saat ini saya lebih suka membaginya menjadi dua bagian tersebut.

Hasil pertemuan yang bekesan biasanya akan melakukan tingkatan hubungan selanjutnya. Dan kebutuhan ini tergantung dari awal keperluan dari pertemuan awal sebelumnya. Hal yang memungkinkan dan yang saat ini pasti sangat diperlukan adalah membuka hubungan yang mengarah kepada pertemanan. Dan untuk masuk kedalam hubungan ini hampir semua orang bisa melakukannya. Kenapa hal tersebut sangat perlu, sebab jaman sekarang hampir setiap aktivitas dapat dilakukan dengan mudah jika kita mempunyai teman yang banyak dan tersebar di banyak tempat. Hal ini tentu saja banyak memberikan manfaat baik untuk pekerjaan atau sekedar menjalin hubungan sosial saja. Dengan banyak teman semakin banyak kesempatan kita untuk belajar mengenai hidup. Dan pembelajaran ini memiliki nilai yang tinggi yang tidak dapat diukur oleh materi berupa uang. Hubungan pertemanan bisa sangat kuat jika hubungan tersebut dipelihara dengan baik. Dan penunjang salah satu yang penting dari menjaga pertemanan tersebut adalah sikap memiliki kasih dan pengertian. Satu hal yang penting bahwa untuk menentukan kualitas dalam pertemanan ini bukan masalah waktu atau lamanya berhubungan. Tapi saya sangat percaya bahwa yang menentukan kualitas pertemanan adalah yang terbawa dari hati yang paling dalam yang selalu berupaya untuk jujur dan apa adanya, serta upaya untuk menghargai apapun yang ada dari teman kita saat ini.

Kemudian untuk hasil yang kurang berkesan biasanya kita cenderung untuk tidak melanjutkan ke tahap pertemuan selanjutnya. Dan hal ini terjadi bisa banyak faktor. Tapi saya lebih suka untuk tetap menghargai dari pertemuan awal yang sudah dilakukan. Dan tetap untuk tidak memberikan penilaian negatif kepada orang yang menurut kita kurang berkesan di awal pertemuan. Ya...kesan pertama bagi saya bisa menipu!! Jadi apapun yang hendak kita lalukan sebaiknya tetaplah untuk berpikir objektif dan tetap berusaha menghargai orang tersebut. Sebab siapa tahu untuk jangka panjang ternyata orang tersebut adalah sahabat sejati yang kita cari-cari selama ini yang selalu berupaya untuk mengasihi, jujur, menolong dengan tulus, dan menghargai kita apa adanya.

God Bless you All.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Blognya bagus Bang Vic, dan kayanya baru sekarang orang membuat blog yang ada isi tentang hal-hal yang bisa dibilang ilmiah dan mengandung pelajaran di kuliahan, dan satu lagi nggak common sense tapi dapat dimengerti secara umum dan dapat digunakan, kalau mau digunakan.Kayanya segitu aja dulu, nanti aku tambahi.Thanks.